Jumat, 22 April 2011

Menjalankan Google Earth Offline

   Untuk menjalankan google earth kita harus mempunyai koneksi internet terlebih dahulu, memang judul tulisan ini Menjalankan Google Earth Offline yang artinya tanpa menggunakan koneksi internet, tapi ini hanya langkah awal untuk memulainya saja. Karena cara kerja google earth adalah mengambil data map hasil pencitraan satelit dari server google yang disimpan dalam suatu file yaitu dbCache.dat dan dbCache.dat.index yang

tersimpan ketika kita mencari atau menampilkan lokasi suatu tempat di google earth pada saat terhubung ke internet. Untuk google earth yang sudah terinstal di laptop gampang saja, kita tinggal mencari area hotspot yang gratisan seperti di kampus dan cafe-cafe atau dimanapun untuk menghubungkannya ke internet. Kemudian buka lokasi atau tempat yang ingin kita tampilkan dan zoom sampai tak ada pengaruh lagi walau dizoom. Setelah itu kita buka google earth dalam kondisi offline dan tempat-tempat yang tadi kita sudah dibuka akan terlihat seperti saat kita melihatnya dalam keadaan online. Dan tentunya hanya tempat-tempat atau lokasi ya dibuka pada saat online saja yang terlihat jelas. Sedangkan untuk di pc yang tidak memiliki koneksi ke internet, kita bisa menyimpan file instalasi google earthnya pada media penyimpanan eksternal seperti usb flasdisk. Kemudian instal google earth pada pc atau laptop yang terhubung ke internet. Kita juga bisa mengatur size filenya agar kapasitas penyimpanan lebih besar untuk menampung data dari tempat-tempat atau lokasi yang kita cari sehingga akan lebih banyak tempat lagi yang tersimpan. Caranya yaitu pada menu bar pilih Tools, klik Options dan masuk ke tab Cache. Kemudian perbesar angka pada Memory Cache Size dan Disk Cache Size hingga maksimal 2000 MB atau 2 GB setelah itu klik Apply Setting.      Setelah selesai membuka tempat atau lokasi yang ingin kita simpan, buka explorer dan copy file dbCache.dat dan dbCache.dat.index yang ada di C:\Dokumen and Settings\User\Local Settings\Application Data\Google\GoogleEarth atau folder GoogleEarthnya. Dan jangan lupa zoom sedetail-detailnya untuk kualitas gambar yang baik. Selamat mencoba.

 

Originally by Sandra Bobby Purbaya

 

0 komentar:

My Facebook

Blog Arsip

About Me

Foto Saya
Sandra Bobby Purbaya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Jika terdapat banyak kesalahan atau ketidak sesuaian dari isi atau konten pada blog ini. Mohon saran, kritik dan commentnya mengenai isi, judul, tampilan, tulisan, dan lainnya tentunya yang bersifat membangun dengan solusi yang benar untuk meningkatkan kualitas dari blog ini. Terimakasih. :)
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Map Visitor

Locations of visitors to this page

Globe Visitor


Anda

promotion and affiliation

Alexa Trafic

Total Tayangan Halaman

YM Status

My Pictures

Sandra Bobby Purbaya Follow bobbycool1 on Twitter